Sunday 11 June 2017

Bastakia kota tua dubai

AL BASTAKIYA , kota tuanya DUBAI

     Hampir semua negara di dunia mempunyai kawasan kota tua yang masih di lestarikan, demikian juga dubai salah satu negara emirates yang di pandang sebagai kota metropolitan dengan arsitektur paling maju di dunia. Nama kawasan kota tersebut adalah al bastakia Nama Al bastakiya berasal dari daerah Bastak di Iran, di mana para penghuni berpindah dari iran. Wilayah ini terletak di sepanjang Dubai Creek dan meliputi jalan sempit dan menara angin, juga Benteng Al Fahidi, bangunan utuh tertua di Dubai

http://www.dubai-online.com/sights/bastakia-quarter/

    Tercatat dalam sejarah bahwa Bastakiya didirikan pada abad ke-19 tepatnya pada tahun sekitar 1890an, yang mana pada waktu itu dijadikan sebagai lokasi perdagangan tekstil dan mutiara. Jadi jangan heran kalau Anda berjalan-jalan menyisiri jalur labirin, Anda akan temukan banyak toko dan galeri yang menjajakan aneka macam pernak-pernik khas Dubai. Namun, pada sekitar tahun 1970an, separo dari Bastakiya dihancurkan oleh pemerintah dalam rangka pembangunan konstruksi jalan untuk menunjang akses menuju komplek perkantoran baru penguasa Uni Emirat Arab. Kemudian bangunan yang tersisa hendak dihancurkan total oleh pemerintah pada tahun 1989, namun tidak jadi dihancurkan karena ada usulan dari Pangeran Charles, yang memang dikenal dengan kecintaan beliau pada bangunan yang bernilai sejarah. Dan pada tahun 2005 seluruh bangunan dan jalan yang berada di Bastakiya diperbaiki sebagaimana mestinya oleh usulan dari Dubai Municipality.

Gambar terkait

   Dalam segi arsitektural bentuk perumahan pada kota bastakia bebentuk persegi kokoh tanpa atap dan jendela yang tidak terlalu lebar di karenakan dulunya kawasan tersebut berada di gurun pasir dan sering terjadi badai pasir, dan juga hujan di kawasan tersebut kurang lebih hanya turun 10 kali dalam satu tahun, warna bangunan yang sama dengan warna gurun sehingga terlihat menyatu dengan lingkungan sekitar pada bangunan. pada kawasan bastakia terdapat lorong lorong jalan sebagai sirkulasi pejalan kaki sedangkan untuk jalan tranfortasi publik di sekitar kawasan bastakia terdapat dubai creek yaitu sebuah kanal buatan dan juga pelabuhan kapal kapal untuk bepergian ke kawasan lain. sedangkakan dalam arsitektur lanskap kawasan bastakia tidak memiliki taman yang luas dikarenakan susahnya tumbuhan yang dapat bertahan di daerah tersebut sehingga dalam segi arsitektur lanskap kurang di perhatikanstruktur persegi panjang tinggi di atas sejumlah bangunan. Struktur ini adalah 'menara angin' atau 'penangkap angin' yang disebut Barjeel, merupakan sebuah fitur arsitektur khas Persia yang sangat berguna sebelum ditemukannya kipas angin atau AC. Menara angin ini berguna untuk menangkap angin sejuk dari segala arah dan menyalurkannya ke dalam bangunan. 

Gambar terkait

   yooogs! Bagi Anda yang hendak berlibur ke Uni Emirat Arab, saya sarankan Anda untuk mampir ke Bastakiya, yang merupakan kota tua dan kota tertua yang ada di kawasan Dubai, yang menyuguhkan berbagai ragam Dubai pada masa lampau, serta mata Anda akan dibuat takjub dengan bangunan-bangunan berbentuk benteng yang mirip dengan game Empire. Bagi Anda penggemar game Empire pasti sudah tahu, dan cobalah sekali-kali melancong ke Bastakiya, agar Anda merasakan sendiri keseruannya, tidak hanya Anda rasakan hanya di depan layar komputer.





No comments:

Post a Comment