Monday 16 May 2016

TUJUAN BANGSA DAN NEGARA




Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terdapat dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 alinea keempat yaitu "Kemudian dari itu untuk membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial ... ".
Dari rumusan tersebut, tersirat adanya tujuan nasional/Negara yang ingin dicapai sekaligus merupakan tugas yang harus dilaksanakan oleh Negara, yaitu:
1.      Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia;
2.    Memajukan kesejahteraan umum;
3.     Mencerdaskan kehidupan bangsa;
4.    Ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan social.
Bicara soal tujuan bangasa kaya nya gak bakal atau akan tercapai sempurna menurut saya alasannya karena zaman sekarang kita tau sendiri, dari segi masyarakat umum banyak dari mereka yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan yang baik karena itulah mereka kurang faham tentang 4 tujuan bangsa indoesia. jadi kayanya susah untuk mencapai sebuah tujuan bangsa kesatuan republik indonesia kita ini. mungkin. mungkin tujuan bangsa kita akan tercapai ketika generasi kita sudah menjadi dewasa.


No comments:

Post a Comment